Mari kita hentikan segala bentuk kebencian, provokasi, apalagi meneruskan berita2 fitnah, menyebarkan informasi yg didasari logika miring, tanpa disaring, apalagi hanya utk mengejar bunyi yg nyaring. Ingat pepatah lama: TONG KOSONG BUNYINYA NYARING.....

0
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Salam buat seluruh insan cendikia di seluruh nusantara. Berikut admin akan share Panduan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah, baik jenjang SD-SMP- SMA maupun SMK. Namun terlebih dahulu kita uraikan sedikit definisi dan urgensi PPK.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah Program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Lantas apa urgensinya dan manfaat PPK di sekolah?
Adapun urgensi dari PPK ini adalah :
1. Pembangunan SDM merupakan pondasi pembangunan bangsa.
2. Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan siswa: Kualitas Karakter, Literasi Dasar, dan Kompetensi   
    4C, guna mewujudkan keunggulan bersaing Generasi Emas 2045.
3. Kecenderungan kondisi degradasi moralitas, etika, dan budi pekerti.

Sedangkan manfaat dan implikasi Program PPK dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Untuk lebih jelasnya silahkan ditelusuri dibawah ini

Penguatan Pendidikan Karakter lahir karena kesadaran akan tantangan ke depan yang semakin kompleks dan tidak pasti, namun sekaligus melihat ada banyak harapan bagi masa depan bangsa. Hal ini menuntut lembaga pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, berupa individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual dan keilmuan. Memahami latar belakang, urgensi, dan konsep dasar PPK menjadi sangat penting bagi kepala sekolah dan guru agar dapat menerapkannya sesuai dengan konteks pendidikan di daerah masing-masing.

Untuk lebih jelasnya silahkan download Panduannya pada link di bawah ini :
Demikian informasi tentang Panduan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :

Posting Komentar

 
Top