0
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2016 akan bekerja sama dengan asosiasi profesi guru seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), dan Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu).
Tema peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 ini adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya” seperti tema yang diusung HGN tahun 2015 lalu. Tema ‘mulia karena karya’, karena masih dinilai sangat relevan dengan kebijakan pemerintah dalam menghargai profesi guru dan tenaga kependidikan menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan beradab, di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan bahwa pihaknya sudah bertemu semua organisasi profesi guru tersebut sebanyak enam kali untuk mempersiapkan peringatan Hari Guru Nasional tahun ini. HGN akan dikemas sedemikian rupa dengan kesepakatan bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
Kemendikbud akan mengadakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Guru Nasional tahun 2016 dengan menyelenggarakan Gerak Jalan Sehat pada Minggu, 20 November 2016 dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 22 November 2016. Upacara bendera tepat di Hari Guru Nasional sekaligus HUT ke-71 PGRI tanggal 25 November 2016.
Kemendikbud bersama-sama dengan organisasi profesi guru juga akan mengadakan simposium guru dan tenaga kependidikan pada tanggal 26 November 2016 yang akan diikuti oleh 2.000 guru seluruh Indonesia. Topik yang akan dibahas ada 10 topik, yaitu: 1) Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan; 2) Optimalisasi Pendidikan Inklusi; 3) Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan; 4) Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan; 5) Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui GTK Pembelajar; 6) Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan; 7) Membangun Sekolah yang Aman dan Nyaman untuk warga Sekolah; 8) Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan di Daerah 3T; 9) Teknologi Informasi sebagai Media dan Sumber Pembelajaran; 10) Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan.
Pada puncak acara Hari Guru Nasional tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2016 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat diikuti peserta sekitar 10.000 guru. Rencananya Presiden Joko Widodo juga akan hadir.

 Sumber : http://padamu.net

Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :

Posting Komentar

 
Top