0
Corona menghadirkan sejuta hikmah. Tak terhalang ruang dan masa. Pembelajaran bisa dari rumah. diikuti kapan dan di mana saja. Yang penting mau dan ada paket data.

Masya Allah, Corona datang di saat teknologi sudah maju. Kita bisa mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran dan Pelatihan. Pola pembelajaran jarak jauh secara daring dapat diikuti di mana dan kapan saja. Tidak terbatas ruang dan waktunya bisa fleksibel. Kita tidak dapat membayangkan.seandainya Corona datang sementara teknologi belum seperti sekarang. Kita tentu sangat kesulitan dalam berbagai hal, termasuk  dalam pembelajaran.

Dalam kondisi normal (seperti sebelum Covid-19). kita tidak akan bisa mengikuti berbagai seminar, pelatihan, workshop dan kegiatan pembelajaran lainnya secara langsung. Selain terkendala waktu dan kesempatan juga terkendala dana.

Corona telah menghadirkan nuansa merdeka dalam pembelajaran. Banyak sarana yang bisa kita manfaatkan untuk pembelajaran daring. Diantaranya  media sosial, Aplikasi Zoom, Webex, Google Meet, Google Classroom, Google Form, Quizizz, Ms. Office 365 dan lain-lain. 

Hidup adalah pilihan. Awali dengan basmallah. Manfaatkan setiap kesempatan. Tangkap semua peluang. Buat pilihan yang  tepat. Sesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Satu di antara 5 Nilai Budaya Kemenag adalah Inovasi. Inovasi yang dimaksud adalah menyempurnakan hal yang sudah ada dan mengkreasikan hal yang baru. Sementara itu, Guru PAI dituntut memiliki  kompetensi Abad 21; Karakter Akhlak, Karakter Kinerja dan Literasi, salahsatunya literasi digital.

Kuncinya terletak pada kemauan dan paket data 

Selamat belajar. Semangat belajar. Salam literasi

Batam, 30 Juni 2020
Izal Muslim

Tulisan ini dapat dibaca juga pada : https://izalmuslim.gurusiana.id/article/2020/06/corona-dan-paket-data-380748

Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top