0

Dokumen Pribadi (izalmuslim)
Pandemi Covid 19 telah menjadi wabah global yang melanda hampir seluruh bangsa di dunia, sudah jutaan manusia yang terpapar dan tidak sedikit di antara mereka yang meninggal dunia. Akibatnya seluruh negara mengharuskan warganya untuk menerapkan protokol kesehatan yang sesuai standar WHO. Selain di bidang kesehatan pandemi ini juga telah merubah tatanan kehidupan manusia khususnya di negara-negara yang warganya terjangkit tidak terkecuali Indonesia. Pandemi covid-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya dan juga di bidang pendidikan.

Dampak terbesar yang dirasakan dibidang pendidikan di masa pandemi ini adalah seluruh siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah. Hal ini sebagaimana disampaikan presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor pada hari Ahad tanggal 15 Maret 2020 yang lalu. Proses pembelajaran dari rumah yang dilaksanakan sesuai dengan kesiapan guru itu sendiri, ada yang dilaksanakan dengan melalui media Sosial seperti,  WhatsApp, Facebook, dan ada juga yang melalui blog, video, aplikasi google classroom, Aplikasi Zoom dan sebagainya. Dan bahkan ada juga yang hanya memberikan tugas belajar melalui SMS atau telpon.

Selama proses pembelajaran online sampai saat ini tidak sedikit keluhan terutama dari orang tua, karena harus menyediakan paket internet yang memadai dan kesiapan mereka juga untuk mendampingi putra putri mereka dalam belajar. Hal ini sangat dirasakan oleh orang tua siswa terutama ekonomi menengah ke bawah. Belum lagi waktu bagi guru untuk menyiapkan pembelajaran online juga sangat singkat. Akan tetapi pembelajaran online di masa pandemi ini adalah suatu keharusan karena untuk tahun ajaran baru nanti pemerintah sudah menyiapkan skenario pembelajaran. Di masa transisi sekolah yang boleh buka pembelajaran tatap muka adalah sekolah yang berada pada zona hijau dengan penerapan protokol kesehatan dan pengawasan yang sangat ketat. Sedangkan untuk zona, kuning, hijau dan hitam dilarang melakukan pembelajaran tatap muka artinya pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran online.

Melihat realita pembelajaran online yang sudah dilaksanakan sampai saat ini tentu bisa melihat ada kelebihan dan kekurangannya.

Diantara kelebihan pembelajaran online adalah ;
Pertama; Pembelajaran online tidak hanya tantangan bagi guru tapi juga tantangan bagi seluruh pihak-pihak yang terkait (stakeholder) pendidikan untuk menguasai teknologi.
Kedua: Pembelajaran online lebih menghemat waktu dan tempat karena siswa tidak harus datang ke sekolah
Ketiga ; Pembelajaran online dari segi waktu lebih fleksibel
Keempat: Pembelajaran online lebih memungkin siswa untuk mengeksplor kemampuannya tanpa merasa takut dan segan
Kelima; pembelajaran online membuat guru lebih terpacu kreativitasnya dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Sedangkan dari segi kelemahan pembelajaran online antara lain:
Pertama; Dimasa pandemi Covid 19  ini terasa berat terutama dari segi biaya akses internet karena ekonomi juga sedang sulit terutama bagi orang tua dengan kemampuan ekonomi rendah
Kedua; Belum meratanya akses internet yang cukup di seluruh daerah yang terdampak covid 19 menyebabkan tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran online
Ketiga; Pembelejaran online sulit dalam mengontrol keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran,
Keempat; Tidak semua guru siap dalam melaksanakan pembelajaran online karena belum ada persiapan selama ini, baik secara mandiri maupun secara kelembagaan (masih banyaknya guru yang masih gagap teknologi) terutama dalam menyiapkan media pembelajaran
Kelima; Kesulitan guru dalam melakukan penilaiaan secara objektif baik dari aspek pengetahuan, ketrerampilan apalagi aspek sikap karena tidak bisa melakukan pengamatan langsung.
Keenam; Peran guru tidak bisa digantikan oleh bagaimanapun majunya teknologi, terutama dalam memberikan keteladanan kepada peserta didik

Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran online di atas, tentu menjadi sebuah harapan dan sekaligus menjadi tantangan bagi semua pihak terutama kita sebagai guru yang menjadi ujung tombak keberhasilan dalam proses pembelajaran agar seluruh siswa kita tetap mendapatkan pembelajaran yang memadai walaupun di tengah pandemi wabah Covid 19.

IZAL MUSLIM
Batam, 25 Juni 2020

Baca Dan Lihat Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan :

Posting Komentar

 
Top